TVS Motor Company baru saja merilis Apache RR310. Apakah motor yang berbagi platform dengan BMW G310R ini bakal dipasarkan di Indonesia? Kemungkinan besar iya.


Hal ini diisyaratkan pabrikan berlambang kuda terbang, lewat akun Facebook resmi TVS. Bahkan mereka juga sudah mengumumkan kisi-kisi harganya. "Sementara harga untuk pasar Indonesia belum valid ya bro, mengingat kebijakan dan strategi marketing yang mempengaruhi harga. Konon harganya nanti bagus kok, di bawah rata-rata motor sekelasnya," 
seperti dikutip dari status Facebook TVS Apache Indonesia.

Motor sport terbaru ini dijual di India seharga 205.000 INR atau setara Rp 43 jutaan. Kira-kira jika TVS Apache RR310 dijual di Indonesia, banderolnya tidak jauh dari itu. Sesuai janji Presiden Direktur TVS Indonesia, Thiyagarajan di Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016, menjanjikan tidak lebih dari Rp 50 juta.

Motor yang berbagi mesin dengan BMW Motorroad RR310 ini kabarnya juga siap diproduksi secara lokal. Tujuannya, selain memenuhi kebutuhan pasar tanah air, juga permintaan ekspor ke negara-negara Asia Tenggara.

Motor ini dibekali mesin 312 cc, berkonfigurasi satu silinder DOHC dengan pendingin cairan. Jantung mekanisnya sanggup mengeluarkan torsi 27,3 Nm pada 7.700 rpm dan tenaga 34 PS pada 9.700 rpm. Mesin itu dikawinkan dengan sistem transmisi 6-percepatan manual. Klaim kemampuan akselerasinya dari posisi diam sampai 100 Kpj, ditempuh dalam 7,17 detik saja. Kecepatan puncaknya mencapai 160 kpj.

Fitur-fitur modern juga tersemat di motor ini. Mulai dari panel instrumen berbentuk vertikal full digital. Di dalamnya, tersedia berbagai informasi yang dibutuhkan untuk balap: lap timer, top speed recorder, launch time recorder dan race diagnostics untuk evaluasi balap. Suspensi depan berjenis upside down yang diklaim bisa meningkatkan kestabilan saat bermanuver dalam kecepatan tinggi. Suspensi belakang monoshock dari KYB.

Apache RR310 sudah menggunakan lampu depan dan belakang LED. Sistem keselamatan ada anti-lock braking system (ABS) yang mencegah roda terkunci saat Anda melakukan pengereman mendadak. Desain tubuhnya, terinspirasi dari ikan Hiu. Gemuk dan berisi di bagian depan dan ramping di belakang. Sisi aerodinamikanya juga terdongkrak lewat lubang untuk aliran udara: ram-air intake di depan dan gill vents di samping.

Sumber : oto.com