Mitsubishi Xpander setelah sempat menggoda telingan para pecinta otomotif, akhirnya Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengungkapkan tentang Xpander 2017 ini. Nama Xpander sama beraninya dengan desainnya, tentu Anda sudah tahu itu hanya dengan melihat gambarnya. 

Selain terlihat seperti Montero Sport pada steroid tampilannya, Xpander dilengkapi dengan lampu LED daytime running, terletak di bagian atas fasia.


Xpander mendapat front end yang sedikit tidak konvensional berdasarkan desain 'Dynamic Shield' milik Mitsubishi. Indikator lampu depan dan belokan diletakkan di bumper depan sementara cluster yang mengapit grille adalah untuk lampu pilot LED. Di bagian belakang, Mitsubishi Xpander mendapat lampu ekor L-shape dengan detail LED.
 

Mitsubishi mengklaim bahwa Xpander akan menjadi model kelas terdepan yang menggabungkan kenyamanan dan fleksibilitas MPV dengan performa, kekuatan dan ketangguhan SUV perusahaan. Xpander siap bersaing dengan Honda BR-V & Suzuki Ertiga.

Interior Mitsubishi Xpander
Bagian dalamnya, joknya dikonfigurasi dalam pengaturan 2 + 3 + 2 yang biasa. 

Baris ke-2 bisa dilipat dengan mode 60:40, sedangkan baris ke-3 di lipat dengan mode 50:50. Perintah untuk tempat duduk ini dapat dikonfigurasi dengan cara yang mudah dilakukan oleh penumpangnya. Beralih ke ukuran, Xpander ditetapkan untuk menargetkan segmen mini MPV, dimana pesaingnya adalah Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Toyota Avanza. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa Xpander jauh lebih besar daripada saingan yang disebutkan - setidaknya 89mm lebih panjang, 55mm lebih lebar, dan 5mm lebih tinggi. Perbedaan ukuran, membuat Xpander lebih leluasa ruang interiornya, yang merupakan nilai jual utamanya sebagai MPV. Tapi, itu juga membuat kita bertanya-tanya bagaimana mesin bensin 1.5 liter MROEC 105-hp-nya (keluaran yang hampir sama dengan Avanza) akan bisa menarik berat Xpander itu.

Performa Xpander 


Pihak MMC mengungkapkan bahwa Mitsubishi Xpander ini akan dijual ke seluruh wilayah ASEAN bukan hanya di Indonesia saja. Mobil ini diperkuat dengan mesin berkapasitas 1500 cc kode 4A91 dengan 4 silinder dan 16 katup DOHC MIVEC. 

Tenaga yang dihasilkan mencapai 102 HP diputaran 6000 rpm dan torsi maksimalnya hingga 141 Nm di 4000 rpm. Konsumsi bahan bakarnya sudah efisien tapi kalau ingin lebih hemat lagi, saya sarankan menggunakan pertamax. 

Mitsubishi Xpander tak bisa diremehkan meski sebagai pendatang baru di kategori MPV. Mobil ini menawarkan kenyaman terbaik karena mengusung teknologi dari Mitsubishi Lance EX yang membuat bantinganya empuk.

 Kinerjanya juga bisa meredam saat mobil berjalan di permukaan yang tidak rata. Getaran mesin saat start cukup halus walaupun AC doubler blower menyala. Kalau dilihat-lihat akselerasinya hampir mirip Mobilio. 

Saat mobil melaju ditikungan, setir Xpander juga sangat enteng dan handlingnya cukup bagus. 

Visibilitasnya pun dirancang sangat apik baik ke arah depan maupun belakang. Pada sektor keselamatan dan keamanannya, Xpander dilengkapi fitur BA (Brake Assist), RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) body, ASC (Active Stability Control), HAS (Hill Start Assist), dan ESS (Emergency Stop Signal).