Off-road merupakan kegiatan yang populer di kalangan pecinta otomotif saat ini. Off-road biasa dilakukan di medan-medan yang terbilang "MEDENI", bahasa indonesianya serem. Medan yang dilalui seperti bebatuan, lumpur, sungai, pasir, dan sebagainya.

9 Mobil Jeep Off-road 4x4 Paling Unggul di Indonesia

Nah.., untuk melakukan Off-road ini pastinya diperlukan kendaraan yang mampu menaklukan situasi atau membaca medan yang sedang dihadapi. Karena waktu melakukan Off-road kita tidak hanya menaklukan satu medan saja, melainkan bermacam-macam medan seperti yang saya sebutkan di atas tadi.

Kendaraan yang paling pas dan cocok saat ingin melakukan Off-road yaitu mobil. bukan mobil sembarangan yang digunakan, melainkan mobil yang benar-benar sudah dirancang khusus dan di tes di segala medan, hal ini dilakukan agar memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara saat melakukan Off-road.

Jeep, merupakan tipe mobil yang banyak sekali diminati oleh para peng-hobi touring dan Off-road. Mengapa? karena mobil tersebut sudah memiliki fitur 4WD atau 4x4 pada bagian roda serta performa mesin yang ganas sehingga dapat menciptakan daya serta torsi yang sangat besar.

Pada artikel saya kali ini, saya ingin berbagai tentang berbagai jenis mobil yang GAHAR dalam urusan Off-road, mulai dari jeep, Toyota, Nissan, dan lain sebagainya. Seperti apa bentuk serta performa dari mobil tersebut, mari simak baik-baik.

1. Mobil Range Rover Evoque

9 Mobil Jeep Off-road 4x4 Paling Unggul di Indonesia

Pertama yaitu mobil Range Rover Evoque. Mobil Range Rover ini memiliki mesin dengan kecepatan maksimum 180,2 km/jam. Tak hanya itu, Range Rover Evoque juga memiliki kemampuan mampu berlari 0-100 km/jam hanya dengan waktu 11,2 detik-7,1 detik. Benar-benar performa mesin yang mengesankan.

Torsi besar pada Range Rover ini juga dapat menyokong traksi yang tak terdandingi di semua roda, khusus bagi varian 4WD.

Range Rover ini dapat digunakan saat dalam keadaan santai, racing, dan Off-road sekalipun.

2. Mobil Nissan X Terra


Yang kedua datang dari mobil besutan Nissan, yaitu Nissan X Terra. Secara sekilas tampilan body pada Nissan ini memang sudah dirancang untuk medan atau jalan yang kasar dan pihak Nissan sendiri tidak takut untuk mengorbankan kenyamanan bagi pengemudinya.

Desain mobil pun juga terlihat garang layaknya macan dan tersedia pula varian roda 4WD, sistem yang memungkinkan mobil untuk merangkak di sungai, bebatuan, serta lumpur tanpa merusak kedua as roda.

3. Mobil Toyota Sequoia

9 Mobil Jeep Off-road 4x4 Paling Unggul di Indonesia

Ketiga, Toyota Sequoia. Merupakan mobil SUV keluaran Toyota, SUV adalah jenis kendaraan yang memiliki kemampuan membawa penumpang dan juga barang yang amat banyak. Kelincahan mobil ini juga meniru dari mobil pick up, wehehehe.

Mobil yang digolongkan SUV selalu dilengkapi dengan penggerak 4 roda dan yang pasti cocok banget untuk Off-road. Tetapi bukan hanya untuk Off-road saja mobil ini juga bisa digunakan dalam kondisi santai.

4. Mobil Jeep Wrangler Rubicon

9 Mobil Jeep Off-road 4x4 Paling Unggul di Indonesia

Inilah mobil legenda dalam urusan Off-road yaitu Jeep. Seperti pada Jeep Wrangler Rubicon ini yang sangat cocok bagi sobat otomotif untuk dipakai di segala medan. Mobil ini menawarkan mesin 3.0 liter V6 Pentastar yang mampu menghasilkan tenaga lebih besar, yakni 230 HP dan torsi sebesar 285 Nm.

Berbekal mesin itulah Jeep Wrangler Rubicon dapat dengan mudah menelusuri jalanan berlumpur, bebatuan, berair, dan jalanan yang menanjak.

5. Mobil Nissan Frontier Navara

9 Mobil Jeep Off-road 4x4 Paling Unggul di Indonesia

Satu lagi mobil besutan Nissan yang tak mau kalah dalam urusan Off-road, yaitu Nissan Frontier Navara.

Nissan Frontier Navara yang biasa ditemui di Indonesia hanya membekali satu jenis mesin. Mesin superdiesel yang berkapasitas 2,5 liter dan dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 174 HP pada 4000 RPM dan torsi sebesar 402 Nm pada 2000 RPM. Dengan mesin seperti itu, mobil Nissan dapat berakselerasi dalam kondisi diam menuju 100 km/jam hanya dalam waktu 11 detik saja.

6. Mobil Jeep Grand Cherokee

9 Mobil Jeep Off-road 4x4 Paling Unggul di Indonesia

Jeep Grand Cherokee merupakan Jeep 'modern' dengan desain dan fitur yang "WAH". Mobil ini mampu bersaing dengan desain Range Rover, Nissan, dan Toyota. Hal yang tidak berubah dari mobil Jeep adalah kemampuannya dalam melewati medan berlumpur dan berbatu. Jadi sangat cocok bagi Off roader.

Mesin yang digunakan pada Jeep ini adalah mesin 3600cc dengan tenaga maksimal 290 Dk di 6400 RPM dan torsi maksimal 353 Nm di 4800 RPM. Mobil ini juga dikabarkan memiliki fitur lengkap seperti keyless entry, CD, USB Port, pengereman ABS, dan lainnya.

7. Mobil Daihatsu Terios Diesel 

9 Mobil Jeep Off-road 4x4 Paling Unggul di Indonesia

Satu lagi mobil SUV yang menjadi terbaik di kelasnya yaitu Daihatsu Terios. Tampilan mobil ini sangat mirip sekali dengan Toyota Rush. Selain tampilan, fitur canggih yang dimiliki Toyota Rush juga terdapat pada Daihatsu Terios seperti mesin bertenaga 1500cc.

Mobil ini sangat cocok digunakan pada berbagai medan, sama seperti mobil yang dibahas diatas tadi.

Dalam mendukung kinerjanya mobil ini dilengkapi dengan mesin berdaya gedor 1500cc dan memakai sistem pembakaran EFI yang membuatnya lebih irit bahan bakar.

8. Mobil Daihatsu Rocky

9 Mobil Jeep Off-road 4x4 Paling Unggul di Indonesia

Daihatsu Rocky merupakan mobil mini SUV yang berpenggerak 4x4. Daihatsu Rocky ini menggunakan mesin yang berkapasitas 2,8 liter berkonfigurasi dengan 4 silinder segaris Indhirect Injection. Dimana dengan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 76 HP di 3600 RPM dan torsi yang mencapai 345 Nm di 1220 RPM.

Mini SUV ini sangat cocok di segala medan seperti mobil yang lainnya.

9. Mobil Toyota Land Cruiser


Toyota Land Cruiser merupakan salah satu mobil SUV Toyota yang memiliki desain gagah dan menawan. Mobil ini memiliki kelebihan di medan Off-road maupun On-road. Mobil SUV ini juga merupakan mobil yang tangguh di jalan raya, jadi cocok untuk balapan. hihihi

Toyota Land Cruiser menyusung mesin berkapasitas 4,5 liter dan mampu menghasilkan performa mesin yang sangarrr. Daya maksimum yang dikeluarkan sebesar 235 HP pada 3200 RPM dan torsi maksimum sebesar 62,8 PS pada 2200 RPM.

Itulah beberapa mobil Jeep yang sangat direkomendasikan bagi anda yang suka Off-road. Untuk masalah harga, jangan kaget karena mobil tersebut memang dirancang khusus untuk keperluannya. Bahkan ada harga yang mencapai 1 Milyar. Tetapi dengan harga tersebut sobat dijamin tidak akan merasa kecewa dengan fitur dan kualitasnya. 

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan ke sobat semua dan jika berkenan silahkan di share, hehe. Terima kasih.